Kendaraan tanpa sopir, kendaran umum tanpa sopir, inovasi kendaraan umum tanpa sopir, Hebat! Singapura Bakal Punya Kendaraan Umum Tanpa Sopir
Singapura adalah salah satu negara tetangga dengan pulau kecil yang terletak di Asia Tenggara. Meski memiliki luas wilayah yang sangat sempit, namun dengan pengembangan teknologi Singapura mampu menjadi salah satu negara maju di kawasan Asia Tenggara.

Salah satu produk terbaru andalannya adalah transportasi umum tanpa pengemudi. Kendaraan umum itu berbentuk pod dan tanpa sopir. Kendaraan pod ini menggunakan listrik sebagai sumber energinya dan dapat beroperasi di jalan-jalan kecil seperti jalan kompleks perumahan maupun kawasan kampus, hingga tempat kerja.
 
Hebat! Singapura Bakal Punya Kendaraan Umum Tanpa Sopir
Hebat! Singapura Bakal Punya Kendaraan Umum Tanpa Sopir
Kendaraan pod ini disediakan oleh SMRT yang bekerjasama dengan perusahaan 2getthere asal Belanda. Mereka mengatakan akan membuat pod yang mampu menampung 24 penumpang dan akan diluncurkan secara komersil pada akhir tahun ini. Untuk masalah bahan bakar, katanya kendaraan pod ini didorong oleh baterai Lithium-fosfat yang diyakini mampu menempuh jarak sejauh 60 KM setelah pengisian selama 1,5 jam. Hebat ya..?

Sebenarnya Singapura bukanlah negara pertama yang menggunakan kendaraan umum tanpa sopir berjenis pod ini, kendaraan umum pod yang serupa juga sudah beroperasi di Abu Dhabi sejak tahun 2010 yang juga dibuat oleh 2getthere dan SMRT. SMRT adalah perusahaan transportasi terbesar kedua di Singapura. Selain itu, SMRT juga beroperasi di Hong Kong dan Timur Tengah.



Selain di Singapura dan Abi Dhabi, 2getthere juga membangun sistem kendaraan pod di Rotterdam. Di sana telah tersedia 6 pod yang masing-masing dapat menampung 20 penumpang dan sekitar 2.500 orang menggunakan kendaraan pod itu setiap hari. Waaaah...Banyak juga ya masyarakat Rotterdam yang tertarik dengan kendaraan tanpa sopir itu. Kapan ya Indonesia bisa turut menerapkan kendaraan umum pod tanpa sopir ini?

Ucoepoe

Ucoepoe

Dia adalah seorang pria kelahiran 27 Januari 1991. Merupakan lulusan Program Studi Teknik Informatika Universitas Jabal Ghafur Sigli - Aceh. Kegemarannya pada dunia komputerisasi membuatnya menguasai beberapa bahasa pemrograman, dan hal-hal lain menyangkut dunia komputerisasi. Informasi selengkapnya tentangnya tercantum di Tentang. Ia dapat dihubungi melalui Hubungi Kami atau melalui SOSMET dibawah ini.

Post A Comment:

0 comments: