Tulisan Ucoepoe Web tentang Tool-tool yang bisa digunakan Untuk Membuat Grafik Dinamis dengan PHP pada pemrograman berbasis web
Tool Untuk Membuat Grafik Dinamis dengan PHP - Dalam pembuatan sistem atau aplikasi berbasis PHP, kita seringkali memerlukan penyajian data dan laporan dalam bentuk grafik. Penyajian data dalam bentuk grafik biasanya digunakan untuk menampilkan data secara ringkas namun dapat mudah dipahami. Biasanya penyajian data dalam bentuk grafik tersebut digunakan pada halaman beranda pengelolaan data ataupun halaman-halaman lain yang diperlukan.

Tool Untuk Membuat Grafik Dinamis dengan PHP
Tool Untuk Membuat Grafik Dinamis dengan PHP

Dalam pemograman berbasis web, PHP memiliki kemampuan cukup bagus dalam penanganan dan pembuatan grafik untuk disajikan kepada pengunjung. Disamping itu, juga sudah sangat banyak library-library PHP yang disediakan untuk memudahkan kita dalam menampilkan data dalam bentuk grafik. Dengan menggunakan library tersebut, setidaknya kita sedikit banyak terbantu untuk menulis fungsi-fungsi menampilkan grafik, namun kita juga dituntut menguasai bagaimana menggunakan library tersebut.

Tool Untuk Membuat Grafik Dinamis dengan PHP

 1. pChart

pChart

pChart merupakan library PHP yang sangat handal dalam menangani grafik web. Grafik yang dihasilkan dapat ditampilkan secara langsung di browser, dikirim melalui email atau dicetak dalam file PDF. disamping itu, pembuatan library pChart ini menggunakan konsep OOP sehingga cukup mudah untuk digunakan. Library  ini berlisensi GNU GPL v3. Ia mendukung berbagai macam bentuk grafik seperti garis, batang, lingkaran, poligon dan sebagainya.

2. JpGraph

JpGraph

JpGraph juga merupakan library PHP berbasis Obyek Oriented Programming untuk membuat grafik dinamis. JpGraph memiliki tagline “Most powerfull PHP-driven charts”. Tentunya Tagline tersebut sangat bersesuaian mengingat begitu banyak fitur-fitur yang dimilikinya. Selain mendukung berbagai jenis grafik, Ia juga menghasilkan grafik berukuran sangat ringan. Selain itu juga mendukung alpha blending, drill-down graph, advanced gant-charts, multiple Y-axis dan sebagainya.

3. LibChart

3. LibChart

LibChart adalah  suatu library grafik PHP yang memberikan kesederhanaan dalam penerapannya. LibChart tidak membutuhkan library atau ekstensi tambahan. Namun, ia tidak mendukung banyak jenis diagram. Jenis diagram yang dapat dibuat dengan LibChart antara lain lingkaran (pie), batang (vertikal dan horizontal) dan garis.

4. PHP/SWF Chart

PHP/SWF Chart

PHP/SWF Chart adalah library PHP untuk membuat grafik dinamis interaktif dalam bentuk Flash/SWF. Untuk menampilkannya tentu browser yang digunakan haruslah terinstall plugin Flash Player. Format data yang dibutuhkan library ini adalah XML. Kelebihan dari library ini adalah mendukung lebih dari 25 jenis grafik untuk menyajikan data secara lebih atraktif.

5. Fusion Chart


Fusion Chart


Fusion Chart adalah Library Grafik dinamis PHP dengan tampilan grafik yang profesional serta didukung berbagai jenis dan bentuk grafik. Fusion Chart telah digunakan oleh lebih dari 21.000 organisasi dan 450.000 pengembang yang tersebar di 118 negara didunia. Hebat kan..? Ia juga didukung oleh puluhan jenis grafik yang atraktif baik dalam bentuk 2D maupun 3D, serta dilengkapi dengan berbagai fitur hebat lainnya. Namun, untuk menggunakan library ini kita harus membayar dengan harga mulai dari $399. Namun anda tidak perlu bersedih hati, ia juga tersedia dalam versi trial yang dapat diunduh secara gratis.

6. Google Chart API

Google Chart API

Google Charts adalah jenis Grafik yang menawarkan visualisasi data yang sangat baik. Google Charts dibangun menggunakan teknologi Javascript dan HTML5/SVG. Tentu saja ia memiliki kompatibilitas yang sangat baik dengan browser sekarang ini. Dengan kelebihannya tersebut, library satu ini dapat diunduh secara gratis. Kelebihan lain dari library ini mendukung berbagai sumber data dari berbagai bahasa pemrograman seperti PHP, ASP dan JSP. Ia juga mampu mengusung data Google Spreadsheets, Google Fusion Tables maupun penyedia data pihak ketiga seperti SalesForce sebagai sumber datanya. "Ajiep bukan...?". 

7. Google Chart PHP Library


Google Chart PHP Library

Google Chart PHP Library juga merupakan produk Google. Ia merupakan wrapper yang dibuat dengan PHP dari Google Charts API. Tujuan dikembangkannya library ini adalah untuk mempermudah pengembang PHP dalam membuat grafik dengan Google Charts API. Saya rasa library ini pantas dicoba.

8. ChartJS


ChartJS

Jika Anda membutuhkan library untuk membuat grafik yang dapat ditampilkan dengan baik di web maupun mobile, ChartJS merupakan salah satu pilihan terbaik. ChartJS dibangun menggunakan HTML5 dan Javascript. Library ini menyediakan berbagai jenis diagram seperti diagram batang, garis, lingkaran, donut hingga stock chart. Sumber data library unu berformat JSON. Karenanya, Library ini dapat dengan mudah diimplementasikan dengan berbagai bahasa pemrograman.

Sekian alternatif tool-tool library yang dapat digunakan untuk membuat grafik dinamis dengan menggunakan PHP. Pada lain kesempatan penulis akan mencoba menshare tentang bagaimana cara membuat grafik dinamis dengan PHP dan MySQL. :-)

Ucoepoe

Ucoepoe

Dia adalah seorang pria kelahiran 27 Januari 1991. Merupakan lulusan Program Studi Teknik Informatika Universitas Jabal Ghafur Sigli - Aceh. Kegemarannya pada dunia komputerisasi membuatnya menguasai beberapa bahasa pemrograman, dan hal-hal lain menyangkut dunia komputerisasi. Informasi selengkapnya tentangnya tercantum di Tentang. Ia dapat dihubungi melalui Hubungi Kami atau melalui SOSMET dibawah ini.

Post A Comment:

0 comments: