Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian atau Originitas atau Plagiatisme Postingan pada Sebuah Blog atau Tulisan Ilmiah

Perkembangan Internet yang berkembang pesat berisi informasi dan konten yang sangat beragam. Hal itu juga menyebabkan plagiatisme atau penjiplakan hasil karya orang lain begitu banyak terjadi. Salah satunya yang paling banyak adalah aktifitas peng-copy paste-an hasil tulisan seseorang. Dunia Internet merupakan dunia tanpa batasan, setiap hari ratusan bahkan ribuan tulisan pun diterbitkan, baik itu berbentuk jurnal atau tulisan ilmiah, informasi, atau artikel biasa. 

Mengetahui Keaslian/Originitas/Plagiatisme Tulisan
Cara Mengetahui Keaslian/Originitas/Plagiatisme Postingan pada Sebuah Blog atau Tulisan Ilmiah





Nah, untuk membedakan keaslian atau originitas suatu postingan pada sebuah blog atau mengecek keaslian suatu tulisan ilmiah, kita dapat menggunakan bantuan salah satu web berikut ini!

1. Copyscape.com

Copyscape.com

Copyscape.com adalah sebuah web yang dapat digunakan untuk mengetahui plagiatisme suatu blog atau website. Kelebihan dari Copyscape.com adalah jika ternyata sebuah blog atau website berisi plagiatisme, maka Copyscape akan menampilkan rujukan dari web yang berisi konten yang sama. Untuk mengecek plagiatisme suatu blog atau dengan Copyscape.com, anda dapat melakukannya tanpa mendaftar terlebih dahulu dan tentu saja gratis meskipun tersedia juga versi berbayar. Namun demikian, Copyscape hanya mampu menampilkan 10 result untuk penggunaan secara gratis.

2. Siteliner.com

Siteliner.com
Siteliner.com juga merupakan sebuah website yang bisa digunakan untuk melihat keaslian tulisan-tulisan dalam sebuah website atau blog. Kelebihan lain dari Siteliner adalah dia mampu menghitung jumlah artikel dalam website, mencari tingkat plagiatisme dalam artikel serta mampu menghasilkan presentase duplicate content yang terdapat dalam website atau blog tersebut. Disamping itu, Siteliner.com juga mampu mencari broken link dalam website atau blog tersebut. Siteliner.com juga bersifat gratis.

3. PlagSpotter.com


PlagSpotter.com

PlagSpotter.com juga merupakan sebuah web yang dapat digunakan untuk melihat originitas suatu tulisan dalam blog atau website. PlagSpotter.com mampu menampilkan tulisan plagiat dan original dari sebuah tulisan dalam web dengan perbedaan warna yang mencolok.

4. TinEye.com


TinEye.com

TinEye.com adalah sebuah web yang dapat melihat originalitas suatu gambar. Anda dapat mengupload atau memasukkan alamat url dari gambar yang ingin anda cek originitasnya.

5. DupliChecker.com


duplichecker

DupliChecker.com adalah sebuah web yang dapat anda gunakan untuk mengecek keaslian suatu jurnal atau tulisan ilmiah. Anda dapat mempastekan isi dari tulisan tersebut atau menguploadnya ke DupliChecker.com.

 6. Plagiarism Checker



Plagiarism Checker

Plagiarism Checker juga merupakan sebuah web yang dapat digunakan untuk mengecek keaslian suatu jurnal atau tulisan ilmiah. Masih sama seperti Cuplichecker.com, Plagiarism Checker mengizinkan anda untuk mempastekan tulisan, menguploadnya atau mempastekan url artikel yang spesifik.

Itulah enam situs web yang dapat anda gunakan untuk mengecek keaslian suatu tulisan pada blog atau web atau suatu jurnal atau tulisan ilmiah. Semoga bermanfaat. :-)
Ucoepoe

Ucoepoe

Dia adalah seorang pria kelahiran 27 Januari 1991. Merupakan lulusan Program Studi Teknik Informatika Universitas Jabal Ghafur Sigli - Aceh. Kegemarannya pada dunia komputerisasi membuatnya menguasai beberapa bahasa pemrograman, dan hal-hal lain menyangkut dunia komputerisasi. Informasi selengkapnya tentangnya tercantum di Tentang. Ia dapat dihubungi melalui Hubungi Kami atau melalui SOSMET dibawah ini.

Post A Comment:

3 comments:

  1. iya, copyscape pake batas waktu juga yah mas. untung ada alternative lainnya . soalnya kita selalu harus periksa tau tau ada artikel kita di copas orang

    BalasHapus
  2. wahhhh, sangat bermanfaat dan sangat lengkap referensinya, langsung saya coba untuk mengecek blog saya,,,, hasilnya lumayan bagus,
    terimakasih telah menyajikan artikel yang memberikan manfaat ini,,,,
    mungkin akan saya jelajahi tiap artikel pada situs ini, guna menambah wawsan saya dalam mengembangkan blog saya

    BalasHapus
  3. thank you gan.
    coba pake bahasa inggris

    BalasHapus