Font Windows
Font Windows

Setelah beberapa pekan lalu mengintal Ubuntu 15.10, sekarang malah terkendala dengan ketersediaan jenis font, karena secara default Ubuntu tidak memiliki jenis font Times New Roman ataupun jenis-jenis lain yang biasa kita temukan di windows. sebenarnya menginstal font di Linux dapat dilakukan dengan mudahnya.
Bagi anda yang terbiasa menggunakan Font Windows seperti Times New Roman, Tahoma, Arial, Comic Sans MS, Calibri dan lain sebagainya dan ingin menggunakannya di Linux karena alasan suatu hal misalnya penulisan Skripsi, Thesis, ataupun Disertasi maka ada cara yang praktis dapat ditempuh.

1. Cara Instal Font Windows di Linux Melalui Terminal (Secara Online)

Cara menginstal font Windows di Linux dapat dilakukan melalui Terminal dengan mengetikkan beberapa perintah berikut ini :

wget http://plasmasturm.org/code/vistafonts-installer/vistafonts-installer
chmod +x vistafonts-installer
./vistafonts-installer
 
Lanjutkan dengan
sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer
 
Setelah instalasi Font agar melakukan update cache font, caranya ketikkan saja di Terminal sudo fc-cache -f -v

Selesai, anda dapat mengecek font yang sudah diinstal melalui LibreOffice Writer. Pastikan ada font Calibri dan Times New Roman disana.

Gambar Times New Roman
Times New Roman

2. Cara Instal Font Windows Secara Manual (Offline)

Untuk menginstal font Windows di Linux secara manual, anda harus memiliki file font Windows. Caranya adalah: cari komputer teman anda yang berbasis Windows, kopi folder fonts yang berada di C:\Windows\Fonts

Jika sudah didapat, silahkan paste folder fonts tadi ke dalam direktory Linux yang berada di /usr/share/fonts/truetype

Untuk melakukannya (supaya bisa melakukan paste di direktori tersebut) anda harus masuk sebagai root. Caranya klik kakan pada ruang kosong dan pilih Open as Root. 

Selanjutnya anda dapat pastepada folder berisi font Windows pada direktori /usr/share/fonts/truetype
Lanjutkan dengan menjalankan perintah di Terminal
sudo chmod 755 /usr/share/fonts/truetype/nama_folder_berisi_windows_font
sudo fc-cache -f -v
 
Ucoepoe

Ucoepoe

Dia adalah seorang pria kelahiran 27 Januari 1991. Merupakan lulusan Program Studi Teknik Informatika Universitas Jabal Ghafur Sigli - Aceh. Kegemarannya pada dunia komputerisasi membuatnya menguasai beberapa bahasa pemrograman, dan hal-hal lain menyangkut dunia komputerisasi. Informasi selengkapnya tentangnya tercantum di Tentang. Ia dapat dihubungi melalui Hubungi Kami atau melalui SOSMET dibawah ini.

Post A Comment:

0 comments: